Komunikasi Serial pada Mikrokontroler ATMega 8535 untuk mengaktifkan (Menyalakan dan mematikan) LED

Tulisan kali ini akan membahas aplikasi mikrokontroler ATMega 8535 dengan komunikasi serial untuk mengkatifkan (menyalakan) LED.
Untuk melakukan simulasi komunikasi serial dapat menggunakan virtual terminal pada isis proteus, berikut ini skema rangkaian :
serial led 1
Output berupa 4 buah led dengan warna hijau, biru merah dan kuning dihubungkan dengan PB.0; PB.1; PB.2; PB.3. Sedangkan kontrol untuk menyalakan dilakukan simulasi dengan virtual terminal pada isi proteus dimana kaki RXD pada IC ATMega 8535 disambungkan dengan TXD pada virtual terminal, dan kaki TXD pada mikrokontroler dihubungkan dengan RXD pada virtual terminal. LCD untuk menginformasikan status LED (menyala/mati)
Pemrograman dengan menggunakan Bascom AVR adalah :
$regfile = “m8535.dat”
$crystal = 4000000
$baud = 2400
Dim X As Byte
Dim Keyboard As String * 1
Config Lcdpin = Pin , Rs = Portc.0 , E = Portc.2 , Db4 = Portc.4 ,
Config Lcdpin = Pin , Db5 = Portc.5 , Db6 = Portc.6 , Db7 = Portc.7
Config Lcd = 16 * 2
Ddrb = &B111111111
Portb = &B00000000
Print “Tekan tombol angka pada Keyboard !”
Do
X = Inkey()
Keyboard = Chr(x)
Select Case Keyboard
Case “0” : Portb = &B00000000 %tekan 0 untuk mematikan semua LED
Cls
Locate 1 , 1
Lcd “LED Mati Semua”
Case “1” : Portb.0 = 1 %tekan 1 LED hijau Menyala
Cls
Locate 1 , 1
Lcd “LED Hijau ON” %text pada LCD berupa LED hijau ON
Case “2” : Portb.1 = 1 %tekan 2 LED biru Menyala
Cls
Locate 1 , 1
Lcd “LED Biru ON”
Case “3” : Portb.2 = 1 %tekan 3 LED merah Menyala
Cls
Locate 1 , 1
Lcd “LED Merah ON”
Case “4” : Portb.3 = 1 %tekan 4 LED hijau kuning
Cls
Locate 1 , 1
Lcd “LED Kuning ON”
Case “9” : Portb.0 = 0 %tekan 9 LED hijau mati
Case “8” : Portb.1 = 0 %tekan 8 LED biru mati
Case “7” : Portb.2 = 0 %tekan 7 LED merah mati
Case “6” : Portb.3 = 0 %tekan 6 LED kuning mati
End Select
Loop
End

Jangan lupa setting baudratenya ganti dengan 2400 (disesuaikan dengan baudrate pada program bascom-avr). Cara setting baudrate adalah klik 2 kali pada virtual terminal sehingga terlihat pada gambar berikut ini dan ganti boudrate :
serial led 2

Masukan program hasil compile pada bascom avr (HEX file) kedalam chip ic microcontroler pada rangkaian isis proteus dengan cara klik 2x dan pilih menu program file.
Setelah program semua siap, tinggal dijalankan hasilnya seperti pada gambar berikut ini, ketika ditekan angka 1 akan menyalakan LED hijau dan di LCD akan muncul tulisan LED hijau ON
serial led 3
Ketika angka 1;2;3 diketik secara berurutan akan menyalakan semua LED;
serial led 4
Untuk mematikan LED dapat mengetik angka 9;8;7;6 atau angka 0 untuk mematikan semua LED
serial led 5

Virtual serial port
Metode lain untuk komunikasi serial antara ISI proteus dengan PC dapat juga dilakukan dengan menyambungkan port RXD & TXD pada mikrokontroler dengan COMPIM (kaki RXD mikrokontroler dihubungkan dengan RXD COMPIM demikian halnya untuk kaki TXD). Detail rangkaian terlihat pada gambar berikut ini :
serial led 6
Supaya isi proteus dapat terhubung dengan PC kita, kita harus membuat virtual serial port salah satunya dapat menggunyakan program eltima virtual serial silahkan
Selanjutnya kita setting com pada virtual serial port, pada kesempatan kali ini kita menambahkan port virtual pada com 3 dan com 4 (kita bebas untuk memilih com yang akan kita pergunakan) kemudian klik add pair, sehingga muncul virtual port pada com 3 dan com 4. Untuk detailnya dapat melihat gambar berikut ini :
serial led 7
Selanjutnya kita akan setting com pada COMPIM di isis proteus dengan cara klik 2 kali COMPIM dan pilih com 3/ com 4 (pada latihan kali ini kita pilih com 3). Detail seperti terlihat pada gambar berikut ini :
serial led 8

Untuk komunikasi serial kita dapat menggunkan hiperterminal atau membuat sendiri dengan program delphi, LABVIEW dll. Pada contoh kali ini saya menggunakan program berbasis labview. Selanjutnya kita setting baudrate (sesuai dengan program bascom AVR) pada contoh sekarang ini menggunakan baudrate 2400, dan pilih menu com 4 (karena menu com 3 telah dipergunakan oleh COMPIM pada ISIS Proteus). Catatan : kalo kita memilih menu com 4 pada COMPIM di ISIS Proteus makan com 3 dipergunkan pada program untuk kontrol LED (misal delphi, labview, hiperterminal dll). Gambar berikut ini file .exe hasil compile dengan menggunakan labview.
serial led 9

Untuk menjalankan program simulasi ini tinggal klik 2x file program. Setelah program di run dan pilih menu baudrate dan port com; klik sambungkan, secara otomatis akan tersambung dengan virtual terminal. Jika port kita sedang dipergunakan akan terlihat pada program eltima serial port driver :
serial led 10
Pada gambar diatas com 4 aktif dengan baudrate 2400.
Berikut ini hasil dari simulasi progam isis proteus, komunikasi serial melalui virtual port dan program menyalakan dan mematikan led berbasis labview.
serial led 11
Untuk memerintahkan menyalakan led hijau tinggal geser tombol pada program menyalakan LED, LED hijau menyala di ISI proteus dan ada tulisan LED hijau On pada LCD (hasil sama dengan simulasi dengan virtual port).
Berikut ini simulasi ketika LED dinyalakan semua.
serial led 12
serial led 13

Program untuk menyalakan LED berbasis labview dapat di unduh disini Labview kontrol led

Bascom AVR/ Hyperterminal
Selain menggunakan program diatas untuk menyalakan LED juga dapat dipergunakan BASCOM AVR/ hyperterminal. Untuk bascom avr tinggal pilih menu tool –> Terminal emulator
Kemudian setting com dan baudrate, seperti contoh diatas (untuk contoh kali ini menggunakan baudrate 2400 dan pilih com 4)
Berikut ini hasilnya ketika diketik angka 1 akan menyalakan led hijau, angka 2 menyalakan led biru dan seterusnya (printah untuk mengkatif LED pada model ini seperti pada contoh di awal ketika kita menggunakan virtual terminal isis proteus)
serial led 14

Kalo menggunakan hyperterminal sama seperti halnya dengan contoh menggunkan bascom AVR.

File pendukung tulisan ini bisa di unduh serial led

Selamat mencoba.

No Responses to “Komunikasi Serial pada Mikrokontroler ATMega 8535 untuk mengaktifkan (Menyalakan dan mematikan) LED

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Skip to toolbar